3 Software Terbaik Untuk Pembuatan Vektor

Software untuk pembuatan vektor sangat dibutuhkan oleh mereka yang bekerja dalam bidang desain grafis, karena selain membantu mempercepat proses pengerjaan juga memberikan hasil kerja yang tidak mengecewakan.

Hal tersebut tidak terlepas dari sifat gambar vektor yang dibuat dengan perhitungan matematis sehingga tidak mengurangi ketajaman dan kualitas gambar saat gambar tersebut diperbesar sampai ukuran maksimal.

Seiring dengan semakin banyaknya mereka yang bekerja di bidang desain grafis serta mereka yang memiliki hobi bermain dengan grafis, permintaan akan software untuk pembuatan vektor pun semakin meningkat.

Hal itulah yang membuat banyak vendor beramai-ramai membuat software gambar vektor untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik yang gratis maupun berbayar. Diantara sekian banyak aplikasi vektor pc tersebut, tentunya tidak semuanya sesuai dengan harapan pengguna.

Agar tidak keliru dalam memilih aplikasi vektor pc, berikut 5 software untuk pembuatan vektor terbaik yang bisa dijadikan alternatif.

Adobe Photoshop

Inilah aplikasi desain grafis yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Tidak heran jika tutorial tentang penggunaan Adobe Photoshop dapat dengan mudah dijumpai di internet, baik yang diunggah di Youtube maupun yang dimuat di blog-blog desain.

Artinya, untuk belajar Photoshop bisa dilakukan secara otodidak, meskipun akan lebih efektif jika menggunakan panduan dalam bentuk buku atau tutorial khusus Adobe Photoshop dengan dibawah arahan seorang tutor.

Adobe Photoshop sebenarnya dirancang khusus untuk kepentingan fotografi lewat kemampuannya dalam memanipulasi gambar atau mengedit foto, sehingga hasil jepretan fotografer terlihat lebih menarik.

Namun dalam perkembangannya Photoshop juga difungsikan sebagai software untuk pembuatan vektor, karena software ini memang dapat menjawab berbagai kebutuhan desain grafis, seperti untuk pembuatan banner, logo, tipografi serta kebutuhan desain grafis yang lain.

CorelDRAW

Software gambar vektor ini menempati urutan kedua dari sisi popularitas dan jumlah pengguna. Dirilis untuk pertama kalinya pada bulan Januari 1989 untuk sistem operasi Windows 2000, fungsionalitasnya terus ditingkatkan melalui penambahan dan peningkatan tools serta fitur-fiturnya.

Tidak heran jika sejumlah fitur yang dimiliki corelDRAW tidak ditemui pada software untuk pembuatan vektor yang lain, atau kalaupun ada tidak sesempurna fitur sejenis yang terdapat dapat corelDRAW.

Salah satu fitur yang hanya dimiliki corelDRAW tersebut adalah LiveSketchTM tool. Dengan menggunakan fitur ini, pada saat menggambar langsung, seorang desainer tidak perlu melakukan tracing secara manual atau menggunakan scan kertas.

Hal tersebut dimungkinkan karena corelDRAW menanamkan ALA (Artificial Intelligence) alias kecerdasan buatan yang dapat merubah gambar sketsa menjadi vektor curve secara otomatis.

Adobe Illustrator

Software untuk pembuatan vektor yang satu ini dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan Photoshop yaitu Adobe Inc yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat.

Adobe Illustrator diluncurkan pertama kali pada bulan Desember 1986 dan awalnya ditujukan sebagai pendamping Adobe Photoshop. Jadi jika Photoshop merupakan perangkat lunak untuk memanipulasi foto digital dan membuat fotorealistik dengan gaya ilustrasi komputer, maka Adobe Illustroator berfungsi memberikan hasil berupa typesetting dan grafik desain.

Namun dalam perkembangannya Adoble Illustrator dan Photoshop menjadi perangkat lunak yang terpisah dan masing-masing mengalami perkembangan baik dari fitur yang dimiliki maupun fungsinya. Meski demikian keduanya masih dapat dimanfaatkan secara bersamaan untuk menghasilkan desain grafis yang lebih sempurna.

Sama halnya dengan Photoshop, Adobe Illustrator menjadi salah satu software gambar vektor yang populer dan memiliki jumlah pengguna sangat banyak sehingga untuk mempelajarinya bisa melalui tutorial yang diunggah di Youtube atan blog-blog desaign grafis.

Bahkan ada sejumlah website yang menyediakan gambar-gambar ilustrasi menarik yang dibuat dengan memakai Adobe Illustrator. File-file vektor tersebut dapat diunduh dengan gratis oleh siapapun dan bisa digunakan untuk keperluan apapun, seperti membuat logo sebuah produk dan jasa, untuk mempermanis tampilan website, untuk pembuatan banner dan sebagainya.

Website penyedia gambar vektor gratis yang dibuat dengan menggunakan Adobe Illustrator tersebut diantaranya adalah www.Freepik.com, www.freevectors.orgwww.publicdomainvectors.org, dan masih banyak lagi website yang lain. Itulah 3 software untuk pembuatan vektor terbaik saat ini yang banyak digunakan oleh mereka yang bekerja di bidang design grafis karena kualitasnya memang menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *