4 Tips Mengembangkan Ketrampilan dengan Notetaking di MS OneNote

4 Tips Mengembangkan Ketrampilan dengan Notetaking di MS OneNote

Saat ini, orang-orang lebih fokus mengembangkan minat dan  bakat dalam kegiatan tertentu. Hal ini menjadi investasi masa depan jangka panjang yang membantu mensejahterakan hidup. Dalam mengembangkan ketrampilan juga dibutuhkan media. Salah satunya adalah planning hidup yang dicatat ke dalam buku harian.

Namun, seiring berkembangnya era, perusahaan yang bergerak di bidang copy writing menawarkan berbagai macam buku agenda. Buku tersebut bertujuan mencatat planning untuk mengembangkan ketrampilan. Namun, jika kamu ingin menghemat budget dalam pembelian buku agenda, di aplikasi microsoft office sudah menyediakan buku agenda digital.

Salah satunya adalah aplikasi microsoft oneNote. Berikut adalah 4 tips buat kamu untuk mengembangkan ketrampilan dengan catatan harian atau notetaking yang lebih baik lagi. Sehingga, membantu kamu mencatat planning penting setiap harinya.

Potongan Kertas Digital

Potongan kertas digital ini akan membantu kamu mencatat hal-hal penting yang berkenaan dengan ketrampilan atau bakat. Ada dua cara untuk membuka menu ini. Pertama,  tekan gambar windows + N yang ada di keyboard kamu.

Jendela notetaking akan muncul seperti pop-up yang berada di atas. Klik catatan kamu sesuai dengan planning yang dibutuhkan. Kedua, saat jendela ms onenote terbuka, klik ribbon-klik view-klik new quick note. Kamu bisa mengulangi langkah-langkah tersebut untuk membuat beberapa catatan penting.

Memasang Catatan ke Dekstop

Memasang catatan cepat ke layar desktop, membantu kamu mengecek catatan dengan mudah. Untuk meyematkan jendela quick note, klik tiga kali titik kecil yang menampilkan ribbon. Open view-always on top. Selanjutnya, seret dan lepaskan konten yang kamu pilih.

Pada aplikasi notetaking ada beberapa shortcut praktis yang membantu agenda kamu cepat selesai. Shortcut CTRL + 1 berfungsi membuat daftar tugas, ALT + SHIF + F berfungsi memasukkan tanggal dan waktu, dan ALT + SHIF + RIGHT ARROW atau TAB berfungsi membuat garis besar pokok pikiran kamu.

Mengakses Halaman Ms OneNote

Untuk mengakses halaman atau link yang ada di OneNote, kamu harus klik kanan pada tab halaman. Kamu juga bisa klik tab bagian yang kamu inginkan untuk jalan pintas. Selanjutnya, pilih copy link to Notebook – copy link to section atau copy link to page.

Kamu juga bisa memilih pergi ke desktop dengan cara klik kanan pada desktop. Kemudian pilih new – shortcut. Di kotak lokasi notetaking tekan CTRL+ V untuk menempelkan hyperlink. Klik “berikutnya” yang berfungsi memberikan nama jalan pintas. Terakhir, klik selesai. Secara otomatis, catatan sudah siap menjadi bahan evaluasi ketrampilan kamu.

Mengambil Linked Notes

Linked Notes memiliki fungsi  menghubungkan aplikasi OneNote dengan internet explorer, word, dan power point. Kamu juga bisa langsung merujuk ke dokumen utama dengan klik link yang  ada.

Misalnya, saat kamu ingin membuat notetaking untuk segera presentasi proposal atau pekerjaan. Kamu bisa menggunakan  shortcut CTRL + ALT + D. Kamu juga bisa masuk ke ribbon – view – new docked window.

Demikian 4 tips buat kamu yang ingin mengembangkan ketrampilan dengan membuat notetaking di aplikasi Ms OneNote. Aplikasi ini akan membantu pekerjaan kamu dengan mudah dan menggun akan tool yang praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *