Begini Cara Mengoperasikan Ms. Office Publisher agar Cetak Bolak Balik

Begini Cara Mengoperasikan Ms. Office Publisher agar Cetak Bolak Balik

Mencetak menggunakan format langsung print, hanya mengubah page lay out saja sudah menjadi hal biasa. Format ini memang lebih banyak dikenal pada aplikasi kerja Microsof Office. Sebab aplikasi ini memang disediakan untuk menampilkan hasil dokumentasi cetak kertas, online, atau tampilan layar.

Tapi yang paling banyak digunakan untuk mengatur cetak kertas, ialah microsoft word. Aplikasi pengolah kata tersebut seolah menjadi aplikasi satu-satunya yang bisa dijadikan sebagai pengolah kata dan mencetak hasilnya. padahal dalam Ms. Office ada empat aplikasi yang siap buat mengolah kata dan mencetaknya. Nah, untuk kamu yang suka lay out bolak-balik, ada solusi dengan cara mengoperasikan Ms. Office Publisher daripada Ms. Word.

Dengan beralih mencoba Ms. Office Publisher, kamu bisa menghemat cetakan kertas berlembar-lembar. Apalagi dengan tatakan belakang yang kosong. Cara mengoperasikan aplikasi tersebut sebenarnya cukup mudah. Anda hanya butuh sedikit kreatifitas, dan memahami cara mengoperasikan hingga menyimpannya seperti berikut ini.

Cara Membuka Ms. Office Publisher

Cara mengoperasikan Ms. Office Publisher bagi kamu yang kali pertama mendengarnya, coba langsung membuka di bagian layar komputer, kemudian searching aplikasi pada office button. Ya biasanya kita mengenal dengan aplikasi start, untuk mengawali. Setelah itu ketik Microsoft publisher. Nanti akan muncul  aplikasi berwarna hijau toska, dengan identitas pengenal P. Kemudian klik dua kali. Setelah itu akan muncul kotak dialog pilihan lembaran.

Cara Mengoperasikan

Pada kotak dialog Microsoft Publisher, kamu akan diminta memilih blank page sesuai yang kamu butuhkan. Berbeda dengan Ms.Word, yang halaman pertamanya lansung siap kamu pakai untuk mengetik word. Di kotak dialog awal Publisher baik yang berformat office 2007 atau 2010, sama hanya letak menu saja yang berbeda. Carilah templates berformat booklet, atau ketik pada search of template-nya booklet, lalu enter.

Setelah itu cara mengoperasikan Ms. Office Publisher, tidak berhenti pada itu sebab keluarnya kotak dialog baru, Anda disuguhkan beragam format booklet kertas ukuran A4. Piihlah ½ A4 Booklet pada deretan nomor 1. Sebab itu merupakan separuh dari A4, atau sama dengan A5. Klik 2 kali. Maka akan muncul pemberitahuan automatically insert page?  Kemudian klik ok.

Muncul halaman pertama Anda seperti yang ada pada Microsoft word. Dari sini cobalah untuk mengatur nomor halaman seperti pada word. Untuk teks bisa kamu mulai dengan mengklik text box, setelah itu ketik isi yang kamu kehendaki.

Setiap pengetikan yang dilakukan, dapat menyesuaikan luas layar dengan cara men-drag atau drop garisnya. Atau jika kamu ingin cepat, coba copy paste file. Untuk menyesuaikan format layar, setiap teks yang terpotong akan menunjukkan bintik merah. Cobalah kik lalu muncul gambar cangkir, arahkan pada halaman kedua. Klik pada layar, maka teks telah berpindah.

Atur kembali seperti bagian awal, sampai penuh. Kemudian Kamu baru bisa dapatkan halaman bolak balik dengan menyimpannya dalam bentuk pdf. Yakni file > save as > pada save as type pilih pdf > save.

Nah mudah bukan cara mengoperasikan Ms. Office Publisher agar bisa digunakan untuk mencetak bolak balik tanpa harus mengingat halaman baliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *