Cara Membuat Grafik pada Microsoft Excel dengan Mudah

Cara Membuat Grafik pada Microsoft Excel dengan Mudah

Jika Microsoft Word merupakan program yang digunakan untuk mengolah data berupa teks, Microsoft Excel dikenal sebagai program yang digunakan untuk mengolah data berupa angka. Orang-orang yang bergerak di bidang keuangan biasanya lebih familiar dengan layanan Microsoft yang satu ini.

Untuk membuat data angka yang diolah dalam Excel lebih mudah dibaca, maka data-data tersebut akan dirubah menjadi sebuah chart atau grafik. Selain itu, tampilan data dalam bentuk grafik akan lebih enak dilihat dan menarik untuk ditampilkan ketika dipresentasikan di depan umum.

Sebelum mengetahui cara membuat grafik, pertama-tama ketahui dulu grafik yang disediakan oleh Microsoft Excel. Kurang lebih terdapat hingga sembilan macam chart atau grafik yang bisa digunakan untuk menampilkan data. Macam-macam grafik tersebut memiliki fungsi dan tampilan yang berbeda sehingga harus dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan.

Grafik yang bisa dipilih adalah grafik garis, kolom, batang, pie, are XY, stock, surface, radar dan combo. Pada Microsoft Excel keluaran terbaru, yaitu Microsoft Office 2016 terdapat beberapa penambahan bentuk dan jenis grafik yang baru. Di antara grafik tersebut adalah treemap yang menampilkan hirarki terstruktur, waterfall yang menampilkan berbagai visualisasi scenario yang berbeda dan lainnya.

Membuat grafik data dalam Microsoft Excel sangatlah mudah. Asalkan sudah ada data yang dibutuhkan, membuat grafik bisa langsung diselesaikan saat itu juga. Ada pun cara membuat grafik dalam Excel langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama-tama buka dokumen Excel yang memuat data yang akan dibuat menjadi chart. Kemudian blok seluruh data yang akan dijadikan grafik. Setelah itu, klik bar Insert pada bagian atas jendela kerja lalu pilih bentuk grafik yang dibutuhkan. Grafik yang dipilih bisa berupa grafik garis untuk menunjukan kenaikan atau penurunan suatu produk, grafik batang untuk menunjukkan perbedaan jumlah sesuatu dan lain sebagainya.

Setelah semua cara membuat grafik diikuti maka grafik yang dibuat akan langsung muncul di lembar kerja Excel. Untuk mempercantik tampilan sebuah grafik bisa dilakukan penyesuaian sesuai yang diinginkan. Penyesuaian ini dikerjakan menggunakan Chart Tools yang akan muncul setelah grafik dibuat. Chart Tools terbagi menjadi dua tab, tab Design dan tab Format.

Pada tab Design hal-hal yang bisa diatur terbagi menjadi lima bagian. Chart Layout, Chart Style, Change Chart dan Location. Semua ini berhubungan dengan tampilan chart atau grafik yang telah dibuat seperti warna atau pun bentuk grafiknya. Sedangkan pada tab Format berisi sekumpulan perintah formatting dari grafik yang telah dibuat menjadi grafik yang lebih kompleks seperti menambahkan Word Art atau pun Shape.

Demikianlah panduan dari cara membuat grafik dalam Excel. Untuk membuat grafik yang lebih bagus lagi lakukan terus uji coba dengan berbagai macam grafik yang berbeda. Eksplorasi juga setiap tool yang disediakan Chart Tools untuk grafik yang lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *