Cara Membuat Resume dengan Microsoft Office 2010

Cara Membuat Resume dengan Microsoft Office 2010

Resume biasanya memuat pengalaman kerja, keahlian, pencapaian seseorang, dan riwayat pendidikan. Sebaiknya Anda membuat resume yang jelas, singkat, tapi mudah dibaca. Aspek inilah yang menjadi pertimbangan saat mencari pekerjaan. Selain itu, resumeharus dibuat menggunakan program penyunting data, serta memiliki tampilan yang rapi. Salah satu program yang sangat sederhana yakni Microsoft Word. Berikut cara membuat resume yang baik jika Anda menggunakan Microsoft Word 2010.

Gunakan template bawaan untuk membuat resume dengan Microsoft Word 2010. Pertama, buka dokumen baru di Word dengan klik pilihan “New” dari menu “File”. Setelah membuka menu dokumen baru, Anda bisa memilih beragam templat yang disertakan dalam program. Klik “Templates” dan pilih salah satu templat resume yang ditampilkan di halaman.

  • Pada Word 2007, Anda perlu klik “installed templates”.
  • PadaWord 2010, pilih “sample templates”.
  • Pada Word 2011, klik “new from template”. 
  • Pada Word 2013, templat akan ditampilkan ketika Anda mengeklik “New”

Unduh templat resume pada Word. Microsoft Word hadir dengan sejumlah templatbawaan yang bisa digunakan, tetapi pilihan yang jauh lebih beragam bisa Anda akses melalui Office Online. Proses pencarian dan pengunduhan templat resume yang Anda sukai melalui basis data ini cukup mudah. Buka dokumen dan cari menu “resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”

Pada Word 2013, setelah pilih “New” Anda bisa melihat sejumlah templatdan bilah pencarian berlabel “search for online templates”. Setelah melakukan pencarian, Anda bisa melihat sejumlah templat resume yang bisa dicoba.

Unduh template secara langsung dari Office Online. Anda bisa meninjau dan mengunduh templat secara langsung dari Office Online, tanpa harus membuka Word.Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label “Browse by Category”.

Pada modul ini, Anda bisa menelusuri beragam templat resume dan surat pengantar yang bisa diunduh secara gratis dan disunting melalui Word. Anda mungkin perlu masuk menggunakan akun Microsoft Online untuk menggunakan templat tersebut.

Selesaikan template yang sudah diunduh. Setelah memilih template yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda inginkan, Anda bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi.

Anda bisa memakai tutorial (wizard) untuk Word 2003 saja. Tutorial ini akan membantu penulisan dan pengaturan format resume yang benar. Mulailah dengan memilih “New” pada menu “File”. Setelah itu, panel pekerjaan “New Document” akan ditampilkan. Kemudian klik “My Computer” dari segmen “Templates” yang ada di sisi kiri bilah. Terakhir klik tab “Other Documents”, kemudian pilih “Resume Wizard”.

Ikuti petunjuk yang diberikan. Tutorial ini akan membantu pemula yang baru mencoba membuat resume. Cara membuat resume dengan Microsoft Word 2010 akan menjadi mudah jika Anda mengetahui langkah-langkah tepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *