Cara Menyisipkan Gambar ke dalam Dokumen Microsoft Office Word

Cara Menyisipkan Gambar ke dalam Dokumen Microsoft Office Word

Microsoft Office Word memang dikenal sebagai program pengolah kata yang digunakan pada komputer berbasis Windows. Program ini biasanya digunakan untuk membuat surat, selebaran, laporan tertulis, skripsi dan banyak lainnya.

Untuk melengkapi data pada sebuah dokumen, terkadang perlu disisipkan satu atau dua gambar. Gambar ini berfungsi untuk memperjelas isi suatu teks atau pun membuatnya menjadi tulisan yang menarik. Dan untuk menyisipkan suatu gambar ke dalam dokumen teks sangatlah mudah.

Menyisipkan Gambar ke Dalam Dokumen

Sebelum mengikuti cara menyisipkan gambar, buka file dokumen Words yang akan disisipi gambar terlebih dahulu. Setelah file terbuka klik tab Insert di bagian atas layar. Posisikan kursor pada lokasi yang akan disisipi gambar. Kemudian pilih Picture pada tab Insert. Pilih gambar yang akan disisipkan dari data yang tersimpan di komputer atau drive penyimpanan lainnya. Setelah selesai, klik Insert.

Gambar juga bisa disisipkan dengan cara mengkopi atau menduplikat gambar. Pertama-tama buka folder berisi gambar yang akan disisipkan. Kemudian klik kanan pada gambar dan pilih Copy atau klik gambar kemudian Ctrl+C. Setelah itu buka file yang akan disisipi gambar. Tempatkan kursos pada posisi yang diinginkan kemudian klik Paste atau Ctrl+V.

Menyesuaikan Gambar dalam Dokumen

Setelah mengetahui cara menyisipkan gambar ke dalam dokumen, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah menyesuaikan gambar dengan teks. Gambar perlu disesuaikan posisi dan ukurannya demi estetika dan kenyamanan ketika membaca dokumen. Oleh sebab itu, setelah memasukan gambar maka akan muncul menu Picture Tools.

Setelah menu ini muncul, gambar yang telah disisipkan bisa diatur ukuran, warna serta posisinya sesuai kebutuhan. Jika gambar yang disisipkan terlalu besar atau melebihi spot yang diinginkan, Picture Tools yang bisa digunakan untuk mengatasinya adalah Crop. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan tool crop yang tersedia pada aplikasi editing gambar.

Gambar yang disisipkan ke dalam dokumen terkadang mengacaukan tata letak teks. Untuk mengatasi hal ini, pilih tool Position atau Wrap Text. Tool Position memiliki fungsi untuk mengatur posisinya dalam lembar dokumen. Di atas, tengah, kanan, kiri, bawah. Sedangkan Wrap Text berhubungan dengan posisinya dalam teks. Menghalangi teks, di bawah teks atau menyatu dengan teks di kanan atau pun kiri.

Dengan mengetahui cara menyisipkan gambar dan mengaturnya dengan benar bisa membuat file Word yang dibuat lebih menarik untuk disajikan. Cara ini bisa diterapkan pada dokumen dengan program Microsoft Word 2007, 2010 dan 2013. Jadi tidak perlu ragu untuk mencoba menyisipkan dan mengatur gambar sesuai keinginan atau pun sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *