Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan Microsoft Word 2010

ilustrasi daftar isi
ilustrasi daftar isi

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan Microsoft Word 2010– Daftar isi biasanya dibutuhkan dalam sebuah skripsi, laporan, makalah, proposal, atau materi tulisan yang memiliki beberapa sub bab di dalamnya. Dengan adanya daftar isi, maka akan memudahkan seseorang mencari tema dan topik tertentu dalam materi yang disajikan tersebut.  Biasanya, daftar isi bersifat sistematis dan berurutan temanya.

Dalam microsoft word, kamu bisa membuat daftar isi otomatis dengan cepat dan mudah. Kamu tak perlu pusing membuat daftar isi manual yang bisa berubah jika format kertas atau tulisannya juga berubah. Dengan mengikuti tutorial berikut ini, kamu pasti bisa memberikan sajian yang rapi dan berurutan cantik, sehingga lebih sedap dipandang. Bagaimana caranya?

Membuat Style untuk Bagian Judul

Saat kamu hendak membuat daftar isi untuk keseluruhan materimu, langkah pertama yaitu membuat Style untuk Judul.

  • Blok Judul yang akan dibuat.
  • Pilih Ribbon HomeGroup Tab Styles (dengan mengeklik tanda panah yang tersedia)
  • Pilih Save Selection as a New Quick Style untuk menentukan gaya dan urutan angka pada judul yang akan dikerjakan.
  • Kamu bisa memberi nama StyleJudul A.

Cara lain membuat daftar isi otomatis yaitu dengan menggunakan sistem pembuatan Heading 1. Caranya blok judul, kemudian pilih Style Heading 1 pada Home. Pada Heading 1 klik kanan plih modify dan beri nama StyleJudul A.

Membuat Leveling untuk Daftar Isi

Caranya dengan memblok judul, kemudian pilih pilih Ribbon ReferencesGroup Tab Table of Contents, selanjutnya pilih Add Text, lalu Level 1.  Setelah selelsai membuat level Bab, bisa dilajutkan untuk sub bab dengan pilih Level 2 dan seterusnya. Jika dalam sub bab masih ada pembahasan tambahan, kamu bisa mengaturnya dengan Level 3 hingga semua judul-judul yang ada sudah terdata secara lengkap.

Ada juga cara simpel lain membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan Heading 2. Kamu bisa mengeblok judul sub bab yang diinginkan kemudian klik Style Heading 2. Lalu kamu klik kanan pilih modify, kemudian beri nama StyleJudul B.

Membuat Daftar Isi Secara Berurutan

Kosongkan halaman Daftar Isi yang akan dibuat. Pilih Ribbon Reference kemudian klik Grup Tab Table of Contents, selanjutnya bisa klik Insert Table of Contents. Setelahnya akan muncul beberapa Level atau Heading yang sebelumnya sudah dibuat secara otomatis. Jika selanjutnya kamu ingin update halaman, update judul, penambahan sub dan yang lainnya, kamu bisa juga memberikan update dalam daftar isi dengan cara sebagai berikut.

  • Klik kanan pada Daftar Isi
  • Pilih Update Field
  • Klik Update Entire Table
  • Tekan OK

Kamu bisa mengulanginya saat ada pembaharuan terkait Level atau Heading yang ada. Kamu akan lebih mudah memahaminya saat mempraktikkan langsung beberapa langkah di atas. Jika berhasil melakukannya dengan baik, kamu akan menyadari bahwa membuat daftar isi secara otomatis tidak sesulit apa yang dibayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *