Hosting adalah Pendukung Utama Bisnis Online Anda

Hosting adalah tempat untuk meletakkan file-file bisnis online Anda. Misalkan domain adalah nama dari toko Anda, maka gudang, etalase, meja resepsionis dan meja kasir, semua itu letaknya di hosting.

Nah, kalau Anda ingin membuat situs tentang jasa atau produk Anda, Anda perlu menyewa hosting place untuk itu. Jadi nanti segala macam file termasuk tulisan, music, gambar, video, hingga aplikasi, semua diletakkan disana.

Tujuan daripada hosting adalah agar file-file yang Anda miliki selalu dapat diakses oleh pengunjung Anda kapanpun. Bahkan ketika Anda sedang tidur, orang lain selalu  dapat mengakses informasi tersebut. Ini  selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, tanpa libur. Enak kan?

Nah, sebelum mulai  menyewa sebuah hosting, saya sarankan Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

Tujuan Membuat Situs

Tentu ketika membuat sebuah situs, Anda sudah tahu akan menggunakannya untuk apa. Apakah untuk pengenalan informasi perusahaan, membuat blog, membuat forum, atau membuat situs berita?

Tujuan membuat situs ini harus jelas. Karena hosting adalah tempat kita menyimpan file untuk situs tersebut, maka ukuran tempatnya  tentu harus sesuai. Misal, jika situs tersebut  hanya sekedar untuk mengenalkan informasi perusahaan, maka ukuran hosting tidak perlu besar. Karena informasi tersebut biasanya jarang diupdate.

Namun, kalau tujuannya untuk membuat blog, situs berita, atau bahkan forum, maka perlu ruangan hosting yang sangat besar. Karena bisa jadi akan ada update data terus-menerus. Tidak hanya dalam bentuk tulisan, juga dalam bentuk gambar dan video yang ukurannya notabene lebih besar.

Misal, untuk membuat situs informasi  perusahaan, 100 MB mungkin sudah cukup. Untuk blog, mungkin hanya perlu beberapa GB saja. Namun, karena kebutuhan hosting adalah jauh lebih besar untuk situs berita dan forum, bisa jadi perlu mengambil hosting unlimited.

Kecepatan Server Hosting

Situs yang Anda buat ditujukan agar dapat diakses orang lain. Ya buat apa buat situs kalau tidak ada orang yang mengakses, ya kan? Oleh karena itu, server hosting tersebut harus dapat menyediakan file yang diakses tersebut dengan cepat, kapanpun dibutuhkan.

Apalagi, jika banyak orang mengakses situs Anda dalam waktu yang sama. Jika server hosting Anda bagus, perbedaannya tidak akan terasa. Namun, jika servernya jelek, kecepatan aksesnya akan terasa lambat dan waktu aksesnya jadi lama alias loading. Ini yang namanya bandwith.

Kembali ke tujuan Anda membuat situs. Kalau kemungkinan pengunjung situs Anda tidak terlalu banyak dalam satu waktu, maka bandwith 1 GB bisa jadi cukup. Tapi jika bandwith hosting adalah unlimited, pengunjungnya dapat mencapai jutaan bahkan puluhan juta. Maka harus mempertimbangkan server hosting dengan baik.

Posisi Server Hosting

Posisi server hosting adalah penting, terutama menyangkut efisiensi dan idealisme. Dari segi efisiensi, jika posisi server hosting Anda di luar negeri, kemungkinan perjalanan data Anda cukup jauh. Ya, walaupun jika servernya bagus, perbedaannya mungkin hanya sepersekian detik.

Nah, jika server hosting Anda di dalam negeri, maka perjalanan datanya akan lebih cepat. Waktu akses situs Anda pun bisa lebih cepat juga.

Selain itu, hosting dari luar negeri juga membuat kita harus membayar jasa bandwith. Yang pada intinya mengurangi cadangan devisa negara kita. Sedangkan jika hosting adalah juga sebagai wujud idealisme, lebih baik memilih yang di dalam negeri. Karena kita tidak perlu membayar jasa bandwith tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *