Ini Dia Tips Memilih Hosting Paling Bagus

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas hosting sangat menentukan kelangsungan hidup sebuah website. Terlebih bila website tersebut dibangun untuk keperluan bisnis, bukannya mendatangkan untung yang banyak, kualitas hosting yang buruk justru akan mendatangkan kerugian bagi pemilik bisnis. Oleh sebab itulah, penting bagi kamu untuk melihat kualitas penyedia layanan sebelum memutuskan untuk mempercayakan hosting website kamu kepada mereka.

1. Uptime server

Singkatnya, uptime server ini merupakan kecepatan dari server saat merespon request dari pengunjung waktu mereka membuka website kamu. Jadi, semakin besar nilai uptime sebuah hosting, berarti semakin bagus kualitas hosting yang mereka miliki. Sebagai acuan, sebaiknya kamu memilih hosting yang uptime server nya di atas 99%. Dengan demikian, hanya ada kemungkinan 1% website kamu akan mengalami down setiap harinya.

Kenapa uptime server menjadi penting? Karena jika website kamu lemot, kamu berpotensi kehilangan banyak pengunjung, yang lambat laun juga akan berpengaruh terhadap bisnis yang kamu jalankan.

2. Bandwidth

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Jika kamu masih bingung, bandwidth itu merupakan jumlah data yang di download oleh pengunjung dari website yang bersangkutan. Contohnya begini, misalkan kamu menyewa hosting dengan kapasitas bandwidth sebesar 2 GB per bulan. Anggaplah rata-rata ukuran halaman websitemu sekitar 0,1 MB, dan setiap harinya ada sekitar 100 orang yang membuka halaman tersebut. Berarti jumlah bandwidth yang terpakai selama satu bulan adalah 0.1 x 100 x 30 hari = 300 MB.

Saran saya, coba cari provider yang menawarkan paket bandwidth unlimited/unmetered setiap bulannya. Ini akan sangat menguntungkan ketika jumlah pengunjung website kamu berkembang semakin banyak.

3. Softaculous Support

Tools yang satu ini sangatlah berguna saat kamu membangun website menggunakan CMS, seperti WordPress, Joomla, dan sebagainya. Dengan softaculous, kamu tidak akan direpotkan dengan berbagai macam pengaturan saat menginstall sebuah CMS, tentunya ini akan sangat membantu sekali. Rata-rata saat ini sudah banyak provider di Indonesia yang menawarkan fitur ini, tapi tidak ada salahnya kamu tetap memastikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Gratis SSL

Saat ini website yang memiliki SSL akan memiliki peringkat yang lebih baik di Google ketimbang yang tidak. Kenapa bisa demikian? Karena Google hanya akan merekomendasikan website yang benar-benar aman kepada pengguna mereka. Cara paling mudah untuk mengetahui sebuah website menggunakan SSL atau tidak ialah dengan melihat URL-nya. Jika di URL-nya tertulis HTTPS, berarti website tersebut memakai SSL.

5. Dukungan teknis dari Provider

Selain faktor teknis di atas, faktor non-teknis seperti support dari pihak provider juga sangat penting untuk diperhatikan. Provider yang sangat lambat merespon pertanyaan atau keluhan dari pelanggan lebih baik kamu tinggalkan saja. Akan ada saatnya dimana kamu sangat membutuhkan bantuan dari provider dengan cepat, provider yang lambat merespon tentu saja cuma mendatangkan kerugian buat kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memilih hosting paling bagus untuk websitemu. Setiap provider tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *