Penggunaan Microsoft One Note untuk Merapikan Data dan Catatanmu

Penggunaan Microsoft One Note untuk Merapikan Data dan Catatanmu

Saat sudah menjadi mahasiswa, kamu akan dituntun mengerjakan banyak tugas, laporan, dan menggunakan berbagai aktivitas Office. Hal ini akan terus berlanjut hingga kamu bekerja di sebuah perusahaan yang membutuhkan laptop di dalamnya. Oleh karena itu, penguasaanmu terhadap beberapa materi dalam Office sebaiknya kamu kembangkan. Tak hanya Word, Excel, dan Power Point saja yang perlu kamu pahami secara detail, tetapi Microsoft One Note juga perlu kamu pelajari.

Nah, sebelum melakukan aktivitas menggunakan One Note, apakah kamu sudah tahu bagaimana penggunaan Microsoft One Note dengan maksimal? Jika belum, kamu bisa membaca ulasan berikut.

Membuat Catatan Baru dalam One Note

Untuk kamu yang masih awam menggunakan One Note, kamu bisa menggunakan Buku Catatan Default. Kamu bisa menggunakannya dengan mudah, bahkan bisa menambahkan beberapa artikel atau catatanmu. Selain itu kamu bisa membuat lagi Buku Catatan yang baru kapan pun sesuai kebutuhuan. Bagaimana cara membuatnya?

  • Masuk ke laman One Note, kemudian klik File dan New
  • Pada bagian bawah panel yang terlihat, pilih + Buku Catatan Baru agar kamu bisa menulis atau memasukkan materi baru
  • Ketik nama yang kamu inginkan untuk buku catatan baru
  • klik Buat Buku Catatan/ Create Notebook, maka lembar baru akan muncul.

Jika sudah selesai, One Note mengarahkanmu ke Buku Catatan yang baru. Penggunaan Microsoft One Note dengan lembar halaman kosong dan bagian kosong sudah siap.

Beralih Pada Buku Catatan yang Berbeda

Saat kamu ingin membuka materi lain dari One Note, kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut.

  • klik tombol Perlihatkan Buku Catatan pada One Note.
  • Pada panel yang muncul, pilih nama buku catatan yang ingin kamu cek.
  • Jika data yang kamu inginkan tidak terlihat, kamu bisa klik Buku Catatan Lainnya.

Cara Menyimpan Catatan pada One Note

Kamu bisa menyimpan data yang sudah kamu tulis di One Note dengan klik ribbon Home kemudian pilih Save As Notebook dengan tipe file One Note Package dengan nama data yang memudahkan. Kamu akan gampang mencari file terkait saat kamu membutuhkannya. Penggunaan microsoft one note ini sangat mudah jika kamu sudah terbiasa.

Menyisipkan dan Mengirimkan File Tambahan pada Catatan

Menu Insert bisa kamu maksimalkan untuk menyelipkan file tambahan baik berupa gambar, simbol, attachment, hingga pesan suara. Sedangkan pada menu Draw, kamu bisa menambahkan highlighter, kotak, lingkaran, tulisan tambahan. Jika kamu ingin berbagi catatan atau file dengan rekanmu, kamu bisa Share melalui email atau sistus jaringan yang lain.

Saat kamu sudah paham cara-cara dasar penggunaan microsoft One Note, kamu bisa mengekplorasi lebih dalam secara mandiri. Trial and error mungkin terjadi, tetapi tidak akan sampai merugikan dan membuat catatan asli menghilang. Hal ini dikarenakan One Note merupakan upaya untuk merapikan data dan catatanmu agar lebih mudah diakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *