SEO Adalah Kunci Kemajuan Situs Anda

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari). Sederhananya, SEO merupakan upaya-upaya yang dilakukan agar situs kita berada di halaman pertama SERP.

Bagi yang belum tahu SERP, SERP adalah kepanjangan dari  Search Engine Result Pages alias Halaman hasil penelusuran. Disini, saya tidak akan terlalu membahas SERP, agar tidak melenceng dari topik. Yang ingin lebih tahu tentang SERP, silakan nanti setelah dari sini, main ke artikel lain.

Nah, kembali ke SEO. Ia menjadi penting, karena SEO adalah (dapat disebut)  penentu hidup matinya sebuah situs. Situs tanpa SEO yang baik kan berpotensi untuk mati suri, hidup segan mati tak mau. Bagaimana caranya? Simak artikel saya ini sampai habis.

SEO Menentukan Ranking Website di SERP

Mesin pencari, contohnya Google, tugasnya adalah mencari dan mengindeks situs-situs di Internet. Situs-situs yang terindeks itulah yang menjadi database mesin pencari. Ketika seseorang mengetikkan sebuah kata atau kalimat, mesin pencari akan menelusuri databasenya. Ia kemudian menampilkan hasil pencarian di SERP beserta link ke situs tersebut.

Nah, tampilnya link situs di halaman pertama SERP adalah sebuah cara yang bagus untuk mendatangkan pengunjung. Karena orang yang mencari kata kunci  di mesin pencari, adalah orang yang sudah pasti mencari solusi. Maka jika kita berhasil mendatangkannya ke situs kita, kemungkinan dia akan menjadi partner kita.

Nah, SEO adalah kunci yang akan mendudukkan kita di  rangking 1 SERP. Dengan strategi dan teknik-teknik tertentu, SEO membuat situs kita diindeks dengan mudah  oleh mesin pencari.  Selain itu, SEO juga dapat membuat halaman situs kita berada di rangking 1 SERP tergantung kata kunci yang sedang dibidik.

Trik Membidik Kata Kunci untuk SEO

Salah satu yang menjadi fokus utama dalam SEO adalah pemilihan kata kunci. Kata kunci ini penting, karena pencarian dalam mesin pencari, biasanya berbasis pada kata kunci. Pemilihan kata kunci yang tepat, sering berdampak pada tampilnya situs kita di halaman 1 SERP.

Salah satu alat yang paling membantu untuk membuat kata kunci yang cocok untuk SEO adalah plugin dari Yoast. Bagi yang punya situs berbasis wordpress pasti akrab dengan Yoast. Yoast adalah sebuah plugin wordpress yang dapat mengoreksi dan menyarankan perubahan halaman untuk keperluan SEO. Termasuk di dalamnya penggunaan kata kunci.

Rangkuman Yoast SEO

Hasil rangkuman saya, tentang syarat-syarat dari Yoast untuk penggunaan kata kunci pada artikel SEO adalah seperti ini.

Pertama, kata kunci yang dibidik jangan sampai terlalu pendek atau terlalu panjang. Idealnya antara 2 – 5 kata. Jika terlalu pendek, saingan dari situs orang lain terlalu  banyak. Jika terlalu panjang, sedikit orang yang mencari frasa tersebut di mesin pencari. Keduanya tidak efektif.

Kedua, kata kunci diletakkan di nama halaman, judul artikel, meta description, sub heading, dan di tubuh artikel. Ketiga, peletakkan kata kunci tersebut harus natural. Cirinya antara lain tersebar merata, dan tidak terlalu banyak (over optimized).

Ketiga, kepadatan kata kunci pada artikel idealnya adalah sekita 0,5 – 1,5 %. Jika kurang maka telalu less optimized, bukan artikel yang SEO. Jika berlebihan, maka terlalu over optimized, dapat dianggap spam oleh mesin pencari.

Namun, Anda juga harus ingat, bahwa tujuan utama dari menulis adalah untuk dibaca manusia. Maka adagium yang paling penting dalam penulisan artikel SEO adalah, “artikel yang human friendly, sudah pasti SEO friendly.”

Maka menulislah untuk manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *