SERP Nomor 1 Adalah Idaman Setiap Internet Marketer

SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Pages, atau halaman hasil pencarian dari mesin pencari. Singkatnya, jika Anda melakukan pencarian terhadap suatu kata atau frasa di Google, maka halaman hasil yang ditunjukkan oleh Google selanjutnya, itulah SERP.

Bagi seorang internet marketer atau pemasar melalui internet, SERP sangat diidam-idamkan karena berbagai alasan.

Alasan SERP Menjadi Idaman

Pertama, SERP adalah sumber trafik yang paling ideal. Ia gratis, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya iklan Google Adwords atau FB Ads yang lumayan. Tidak ada risiko untuk menjadi boncos alias tekor dalam beriklan.

Kedua, SERP adalah sumber trafik yang mandiri. Ia tidak harus dirawat terus-menerus. Kita tinggal melakukan optimasi internal maupun eksternal di awal. Setelah itu, ia dapat bekerja terus-menerus 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Ketiga, trafik yang didapat dari  SERP adalah sangat tertarget. Orang yang melakukan pencarian pada mesin pencari, pastilah sedang butuh informasi tersebut. Bisa jadi ia sedang mencari solusi atau permasalahan yang dialaminya.

Dengan alasan tersebut, wajar saja kalau setiap orang di dunia internet marketing berkepentingan dengan SERP. Pertanyaannya, bagaimana cara supaya website kita berada pada halaman pertama SERP?

Menduduki Halaman Nomor 1 SERP

Cara pertama, jelas, pakai saja jasa Adwords dari Google. Dengan membayar sejumlah biaya iklan, kita dapat membidik beberapa kata kunci. Jika ada yang mengetikkan kata kunci tersebut di kolom pencarian, iklan kita akan muncul otomatis.

Tak hanya itu, kita bahkan bisa membidik berdasarkan waktu pencarian, lokasi, dan beberapa variable lain. Jasa Adwords Google memang sangat mudah, murah, dan cepat. Namun, tentu bukan itu yang menjadi idaman para internet marketing.

Contoh hasil penggunaan Google Adwords untuk SERP adalah adanya link yang muncul di bagian atas hasil pencarian kita. Biasanya di bagian pojoknya ada keterangan: Ads by Google, atau Bersponsor, atau Diiklankan oleh Google, dan semacamnya.

Cara Idaman Jadi  Nomor 1 di SERP

Cara idaman untuk menduduki halaman nomor 1 SERP adalah melalui SEO (Search Engine Optimization). Yaitu usaha mengoptimasi halaman situs atau website kita agar dapat dengan mudah diindex dan ditemukan mesin pencari.

Karena itu berbicara tentang SERP pasti tidak jauh-jauh bahasannya dari SEO juga. Karena SEO dan SERP adalah ibarat 2 sisi dari 1 koin yang sama. Jika kita dapat melakukan SEO dengan baik terhadap halaman situs kita, maka besar kemungkinan situs kita dapat duduk di halaman pertama SERP.

Cara idaman ini disebut juga organik. Karena semuanya itu berlangsung secara “alamiah”, tanpa intervensi. Meski ini adalah sebuah cara idaman, tapi tentu saja mengandung kelemahan-kelemahan.

Kelemahan Cara Organik untuk di SERP 1

Kelemahannya yang utama adalah saingannya yang banyak. kita bayangkan saja, ada jutaan situs yang dibuat hingga saat ini. Dari  situs-situs tersebut, ada mungkin hingga ratusan juta halaman yang dikreasi setiap hari. Kebayang nggak susahnya?

Kalau belum, kita bisa coba buka browser, lalu ketikkan kata kunci di kolom pencarian. Pada bagian atas halaman hasil pencarian, kita akan mendapati sejumlah angka seperti ini, “sekitar 70.000 hasil (0,25 detik)”. Bacanya adalah setelah mencari selama 0,25 detik, hasilnya ada 70.000 halaman yang bersaing dengan halaman situs Anda.

Website kita mungkin ada di halaman pertama. Bisa juga di halaman ke-20, atau bahkan lebih. Tentu saja yang biasanya  dilihat pengunjung adalah yang di halaman-halaman awal. Karena itu kita targetnya masuk SERP 1. Disini fungsi SERP adalah sebagai rapor yang menunjukkan rangking dari website  kita juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *