Trik Hitung Microsoft Excel untuk Bekerja Secara Lebih Profesional

Trik Hitung Microsoft Excel untuk Bekerja Secara Lebih Profesional! Microsoft Excel adalah sebuah program lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS dan merupakan bagian dari Microsoft Office System. Microsoft Excel memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif sehingga menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan.

Microsoft Excel sering dianggap sebagai sebuah aplikasi hitung yang rumit. Banyak orang enggan menggunakannya karena ada banyak rumus hitung serta fitur yang membingungkan. Padahal jika Anda mengetahui trik hitung Microsoft Excel yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara lebih cepat. Berikut adalah trik mudah mengoperasikan Microsoft Excel yang bisa Anda coba.

Trik Perhitungan Dasar

Excel memakai istilah “Fungsi” untuk menghitung angka dan memanipulasi data lainnya. Fungsi ini bisa dikatakan sebagai “rumus” agar angka yang keluar sesuai yang diinginkan. Untuk membuat Fungsi, Anda harus klik kotak yang tersedia di Excel dan ketik tanda “=” (sama dengan). Misalnya Anda ingin menghitung 5 + 5, ketik tanda “=” diketik terlebih dahulu, baru diikuti dengan rumusnya, “=5+5” dan tekan enter. Penggunaan tanda hitung lainnya seperti ini:

  • “+” untuk melakukan operasi penambahan.
  • “-” untuk melakukan operasi pengurangan.
  • “*” (tanda bintang atau “Shift+8”) untuk melakukan operasi perkalian.
  • “/” (garis miring) untuk melakukan operasi pembagian.

Trik Kalkulasi Cepat

Salah satu trik hitung Microsoft Excel yang cepat adalah Autosum. Misalnya saja ketika Anda ingin menjumlahkan 10 angka di 10 sel dalam 1 kolom atau baris. Anda cukup memblok semua sel tersebut dan klik Home > Autosum. Selain penjumlahan, Anda juga bisa menggunakan fungsi lainnya pada menu Autosumseperti berikut:

  • SUM untuk penjumlahan
  • Average untuk encari nilai rata-rata.
  • Count Numbers untuk mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
  • Max untuk mencari nilai paling besar.
  • Min untuk mencari nilai paling kecil.

Trik Fungsi Manual

Terkadang ada data yang bersifat kompleks sehingga trik hitung Microsoft Excel dengan cara cepat di atas tidak bisa dilakukan. Maka Anda harus mau menggunakan trik hitung manual. Cara ini memang sedikit membutuhkan usaha, namun tidak akan terlalu sulit jika Anda menghapal rumusnya.

Fungsi hitung manual yang paling umum adalah “=namafungsi(data_pertama:data_terakhir)”. Misal ketika Anda akan menjumlahkan sel A1 sampai A5 maka fungsinya akan menjadi “=sum(A1:A5)”. Nama fungsi yang bisa Anda gunakan sama dengan nama fungsi dalam Autosum, seperti Avarage, Max dan Min.

Itulah 3 trik hitung Microsoft Excel mulai dari yang paling dasar, dengan pilihan menu, hingga dengan cara mengetik fungsi secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *